Minggu, 07 Oktober 2012

Menu makanan sehat



Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Dibandingkan 3 kebutuhan pokok lainnya, sandang dan perumahan, makanan merupakan hal yang paling penting bagi manusia. Ada ratusan bahkan ribuan jenis makanan yang tersedia saat ini. Akan tetapi, apakah semua makanan itu termasuk dalam Menu makanan sehat? Jawabannya adalah tergantung dari nilai gizi dari masing-masing makanan. Makanan dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Oleh karena itu, manusia perlu mengatur menu makanan mereka. Setiap kali makan, manusia perlu asupan nutrisi yang sesuai. Mereka perlu karbohidrat, vitamin, mineral dan protein dalam setiap menu makanan mereka.
Salah satu nutrisi yang diperlukan adalah karbohidrat. Karbohidrat ini diperlukan agar manusia memperoleh energi bagi kegiatan yang mereka lakukan. Menu makanan sehat yang baik tentunya mengandung karbohidrat. Karbohidrat sering ditemui di makanan pokok. Manusia dapat dengan mudah menemukan makanan yang mengandung karbohidrat. Bagi orang Indonesia, terdapat beberapa makanan yang menjadi sumber karbohidrat. Sumber karbohidrat yang utama bagi masyarakat Indonesia adalah nasi. Hampir di seluruh provinsi di Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok mereka. Namun, dibeberapa tempat lainnya makanan yang mengandung karbohidrat menggunakan sagu, ketela, kentang atau singkong. Bagi beberapa provinsi tersebut, penggunaan makanan selain nasi dikarenakan kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk menanam beras. Sedangkan untuk gandum jarang dipakai sebagai makanan pokok di Indonesia karena tidak memproduksi gandum sendiri. Namun, penggunaan gandum mulai meningkat beberapa tahun terakhir seiring meningkatnya perekonomian dan juga kesadaran untuk tidak hanya makan nasi sebagai makanan pokok.
Beras selain sebagai sumber karbohidrat, juga mengandung kalori yang tinggi. Akan tetapi, kandungan kalori tersebut bagi beberapa ahli malah dianggap sebagai penyebab diabetes. Oleh karena itu banyak juga ahli yang menyarankan untuk menghilangkan nasi sebagai bagian dari menu makanan sehat disamping sebagai bagian dari diet dan pengurangan berat badan.
Nutrisi lainnya yang harus terdapat dalam menu makanan sehat adalah vitamin.

Beberapa vitamin yang diperlukan dalam menu makanan sehat dan baik:

  • vitamin A
  • vitamin C
  • vitamin E
  • vitamin D
  • vitamin B
Namun tidak semua vitamin tersebut dapat diperoleh dari makanan yang kita makan setiap hari, sebagai contoh adalah vitamin D. Kita dapat dengan mudah dan murah menemukan vitamin D dari cahaya matahari. Untuk vitamin A, manusia dapat memperolehnya dengan mudah di buah-buahan yang berwarna orange. Makanan yang paling mudah ditemui adalah wortel. Wortel mengandung vitamin A yang cukup banyak bagi kebutuhan tubuh manusia. Untuk vitamin C, manusia dapat menemukannya dalam buah-buahan yang rasanya masam. Bahkan, cabai merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin B merupakan vitamin yang mudah rusak dan mudah larut dalam air. Akan tetapi, vitamin B sangat diperlukan untuk metabolism tubuh. Vitamin B dapat ditemukan dalam jeroan binatang, mulai dari hati, empedu dan bahkan usus binatang.
Menu makanan sehat yang baik bagi manusia juga hendaknya mengandung mineral. Mineral membantu pertumbuhan gigi dan tulang. Tanpa mineral yang cukup, tubuh kita rentan terkena penyakit osteoporosis dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan tulang. Mineral juga mempengaruhi kontraksi otot, dan juga peredaran darah. Beberapa mineral penting yang kita butuhkan adalah kalsium, klorin, magnesium dan zat besi.  Mineral yang kita butuhkan dapat kita dapatkan dari susu ataupun juga buah-buahan ataupun juga makanan yang diolah dari susu.
Konsumsi protein yang tepat juga akan menunjang menu makanan sehat bagi manusia. Protein sangat berguna bagi pertumbuhan otot. Protein dibentuk dari bagian terkecil manusia yang disebut amino acids. Sayangnya, amino acid tidak dapat diproduksi sendiri oleh manusia. Oleh karena itu, diperlukan makanan yang tepat yang mengandung protein untuk pembentukannya. Protein dapat dengan mudah ditemui di telur, terutama bagian putih telur, daging, kacang-kacangan dan susu. Bagi anda yang ingin memiliki tubuh berotot, makanan yang tinggi protein akan mempermudah anda mencapainya disamping olah raga yang rutin dan terencana dengan baik.
Selain nutrisi-nutrisi diatas, menu makanan sehat juga memerlukan lemak. Sebenarnya lemak, dalam batas tertentu, akan membantu tubuh untuk beradaptasi dalam kondisi dingin. Lemak juga dibutuhkan tubuh untuk mendapat kalori yang tepat. Disamping itu, lemak juga merupakan makanan cadangan bagi tubuh. Lemak dapat dengan mudah ditemui di kulit ayam, dan bagian-bagian binatang lainnya yang mengandung lemak.
Semua hal-hal tersebut diatas merupakan nutrisi-nutrisi yang diperlukan bagi tubuh manusia. Satu hal lagi yang tidak kalah penting bagi manusia. Hal tersebut adalah air. Manusia perlu air yang cukup bagi kesehatannya. Paling tidak, manusia perlu minum 8 gelas per hari. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga manusia agak tidak dehidrasi. Selain itu, air dibutuhkan untuk menjaga kelembaban tubuh dan menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Air juga diperlukan untuk membersihkan ginjal kita dari kotoran-kotoran yang kita serap setiap harinya. Memimun minuman berakohol dapat menjadi salah satu hal yang memperburuk kondisi badan kita.
Semua hal yang diperlukan bagi tubuh kita sudah dijelaskan secara rinci diatas. Pilihan untuk menjadi sehat atau tidak berada ditangan anda. Jadi mulai dari sekarang berhati-hatilah memilih makanan yang tapat bagi anda. Pastikan makanan yang anda makan pada saat makan pagi, siang atau pun malam memenuhi kriteria yang disebutkan diatas. Makanan yang sehat sebenarnya tidak terlalu mahal. Anda dapat menemukannya disekitar anda. Sekarang giliran anda untuk memilih makanan sehat atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Powered By Blogger Widgets and Menu Makanan Sehat