Minggu, 11 November 2012

Menu Makanan Sehat Ibu Menyusui


Menu makanan sehat ibu menyusui tentu sedikit berbeda dari apa yang disajikan untuk anggota keluarga lainnya, khususnya di hari Lebaran. Terlebih ibu menyusui membutuhkan asupan makanan bergizi karena menjadi sumber makanan utama bagi sang bayi. Jika Anda mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh, maka akan memiliki lebih banyak energi serta merasa lebih baik.



Pertama, ibu menyusui harus terpenuhi gizinya oleh beberapa kelompok makanan, yaitu; kelompok nasi, serelia, roti gandum, atau pasta,kelompok sayuran, kelompok buah-buahan,kelompok ikan, unggas, daging, kacang-kacangan,telurm dan kelompok susu, yoghurt, serta keju. Selain memenuhi makanan-makanan dari kelompok tersebut, pastikan agar Anda mendapatkan asupan ketiga kelompok dasar kalori berikut ini:

Karbohidrat. Bisa dalam bentuk gula sehat, terutama biji-bijian, nasi, pasta dan buah.
Asupan karbohidrat harus mencapai 50-55 persen dari total kalori harian.
Lemak sehat. Asupannya mencapai 30 persen dari total kalori harian.
Protein. Asupannya harus mencapai 15-20 persen dari total kalori harian.
Tambahkan juga beberapa kategori makanan berikut ini dalam menu sehat Anda:
Zat besi. Beberapa makanan mengandung zat besi adalah unggas, ikan, dan jus buah prune.
Kalsium. Di masa kehamilan dan menyusui Anda akan membutuhkan banyak kalsium. Anda bisa mendapatkan kalsium dari susu, ikan sarden, kacang kedelai, brokoli, ikan salom, brokoli, dedaunan hijau, tahu, manisan anggur, jus wortel, keju, ataupun yoghurt.
Air putih, membantu menjaga tubuh kekurangan cairan.
Suplemen bila dibutuhkan.

Bijak dalam memilih asupan makanan pada masa kehamilan, menyusui, maupun dalam keseharian. Jagalah kesehatan diri Anda sert keluarga dengan selalu memilih menu makanan sehat setiap harinya.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Dapatkan info terbaru via Facebook. Silahkan klik LIKE / SUKA.

?

Powered By Blogger Widgets and Menu Makanan Sehat